Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA
Yeni Ardiana Dewi, Rina Dwi Setyowati, Rizky Esti Utami

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model Example Non Example dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model Example Non Example dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Gabus. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C, VIII D, VIII F dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan untuk evaluasi berupa soal uraian. Analisis data menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan analisis dari perhitungan ANAVA diperoleh hasil ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Example Non Example dengan nilai rata-rata 86 dan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 73,67. Dari perhitungan uji t satu pihak diperoleh hasil belajar siswa dengan model Example Non Example lebih baik dari pembelajaran konvensional. Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah kedua model yang digunakan menunjukkan perbedaan yang signifikan dan model Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Example Non Example, Konvensional dan Hasil Belajar.


Full Text: PDF