Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP
Putri Riyanti, Beni Yusepa G.P.

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan  kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; 2) Mengetahui peningkatan self-confidence siswa yang memperoleh model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 18.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) peningkatan self-confidence siswa yang menggunakan model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih tinggi daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model REACT (Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence.


Full Text: PDF