Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU LECTORA INSPIRE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA
Khalisatul Qonita, Djoko Purnomo, Noviana Dini Rahmawati

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Prestasi belajar siswa kini menjadi sorotan, berdasarkan pengamatan, pembelajaran matematika disekolah lebih bersifat klasikal dan komunikasi satu arah yaitu guru aktif menerangkan sedangkan siswa duduk mendengarkan, menjawab pertanyaan dan mencatat. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu Lectora Inspire terhadap prestasi belajar siswa, terdapat perbedaan  prestasi belajar siswa antara penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantu Lectora Inspire dan pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah.Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Mranggen Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan menggunkan cluster random sampling diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu Lectora Inspire) dan X IPA 7 sebagai kelas kontrol (model konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis uji hipotesis kelas eksperimen  dengan kelas kontrol diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,38607462 >1,6675 maka H0 ditolak . Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu Lectora Inspire lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah..

Kata Kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Lectora Inspire, prestasi belajar.


Full Text: PDF