Last modified: 2017-09-28
Abstract
Abstrak
Dominannya penggunaan pembelajaran konvensional dan ketidakaktifan siswa menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal karena guru memberikan informasi berupa ceramah dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan prestasi belajar digunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan Open Office Impress. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa rata-rata prestasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan Open Office Impress lebih baik dari pada model pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mranggen Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Talking Stick berbantuan Open Office Impress) dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (model konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogenitas. Untuk uji hipotesis kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh yaitu maka ditolak. Hal ini juga ditunjukkan dengan perbandingan rata-rata dari kelas eksperimen yaitu dan rata-rata dari kelas kontrol yaitu .
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan Open Office Impress lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.
Kata Kunci: Talking Stick, Open Office Impres, prestasi belajar.