Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KARTUN BANG JARWO DENGAN SOFTWARE CAMTASIA STUDIO DALAM PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI TRIGONOMETRI
Laras Wahyuningrum, Ali Shodiqin

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat video pembelajaran matematika melalui kartun Bang Jarwo dengan software camtasia studio dalam pendekatan matematika realistik pada materi trigonometri serta mengetahui kualitas media ditinjau dari kevalidan dan keefektifan. Pengembangan dilakukan berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli media dan materi yang ditujukan untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kelayakan, serta soal tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan media.  Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 9 Semarang yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tanggal 9 – 26 Mei 2017. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran matematika melalui kartun Bang Jarwo dengan software camtasia studio dalam pendekatan matematika realistik pada materi trigonometri. Berdasarkan hasil penilaian media oleh ahli media diperoleh persentase skor ahli media sebesar  dengan klasifikasi “Baik”. Sedangkan hasil penilaian materi oleh ahli materi diperoleh persentase 85% dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Kelayakan media berdasarkan angket respon siswa diperoleh persentase skor sebanyak 79,77%  Hal tersebut menyatakan bahwa media ini menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan revisi produk. Analisis hasil tes belajar siswa menunjukkan bahwa media efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 81% dengan klasifikasi "Baik".

 

Kata Kunci : Camtasia Studio, Trigonometri, Realistik


Full Text: PDF