Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN DI PEKALONGAN KELAS X DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
Agustin Primas Handayani, Ali Shodiqin, Ida Dwijayanti

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tujuannya yaitu, untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan yang ditinjau dari Motivasi belajar siswa pada materi Trigonometri. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 3 siswa yang memiliki kriteria kognitif sedang dan memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan pedoman wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, serta tes kemampuan pemecahan masalah yang telah diujicobakan pada kelas ujicoba. Teknik pengambilan data berupa angket, untuk mengukur motivasi belajar siswa dan pedoman wawancara untuk melakukan tanya jawab terhadap kemampuan matematis siswa dalam pemecahan masalah, sedangkan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Analisis data penelitia ini berupa deskriptif kualitatif dengan uji keabsahan data kualitatif menggunakan triangulasi waktu. Data hasil analisis menunjukan bahwa Siswa dengan motivasi belajar tinggi kemampuan pemecahan masalahnya baik, karena siswa mampu menyelesaikan semua semua permasalahan dengan benar. Siswa dengan motivasi belajar sedang kemampuan pemecahan masalahnya cukup, karena siswa tidak mampu melakukan pengecekan kembali hasil sehingga menyebabkan kesalahan perhitungan yang tidak di sadari. Siswa dengan motivasi belajar rendah kemampuan pemecahan masalahnya kurang kerana siswa hanya mampu menentukan strategi pemecahan masalahnya dan siswa tidak dapat menggunakan strategi tersebut untuk memecahkan masalah.

 

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar


Full Text: PDF