Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF IMPULSIF BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN
Kristi Indriana, Ali Shodiqin, Muhtarom Muhtarom

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif calon guru matematika dari semester IV Universitas PGRI Semarang dalam pemecahan masalah materi bangun datar ditinjau dari gaya kognitif impulsif berjenis kelamin perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah empat mahasiswa semester IV Universitas PGRI Semarang periode 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tertertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan membandingkan data tes tertulis dan wawancara yang diperoleh dua kali di waktu yang berbeda. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan oleh peneliti berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Gagne Polya dan pengembangan aktivitas metakognitif menurut ahli. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan metakognitif mahasiswa matematika semester IV Universitas PGRI Semarang berjenis kelamin perempuan dengan gaya kognitif impulsif dalam pemecahan masalah bangun datar yaitu belum mampu menyadari proses berpikirnya dengan baik, menyebabkan mahasiswa dengan kemampuan kognitif impulsif yang secara konsisten dengan waktu yang singkat belum mampu menjawab semua permasalahan yang diberikan dengan hasil akhir yang benar. Perempuan dengan gaya kognitif impulsif mampu menyadari proses berpikirnya pata tahap perencanaan namunĀ  melakukan kesalahan pada tahap memonitoring dan mengevaluasi.

Kata kunci : gaya kognitif, impulsif, meta kognitif, pemecahan masalah


Full Text: PDF