Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN-TES KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X
Rafiq Zulkarnaen

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan kualitas instrumen tes yang baik untuk mengukur kemampuan pemodelan matematis siswa kelas X, khususnya pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Hasil penelitian ini selanjutnya akan digunakan penulis sebagai pengumpulan data dalam penelitian selanjutnya (disertasi), sehingga hasil-hasil penelitian dapat dipercaya atau dipertanggungjawabkan. Penelitian dan pengembangan digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Analisis instrumen  berkenaan dengan ketepatan alat ukur dengan materi yang akan diuji; kesesuaian antara indikator dan butir soal; kejelasan bahasa atau gambar dalam soal, yang dilakukan oleh lima orang penimbang yang terdiri dari tiga guru matematika (dua orang bergelar doktor dan satu orang bergelar magister), dua dosen pendidikan matematika (satu orang bergelar doktor dan satu orang bergelar magister). Selanjutnya, dilakukan uji terbatas kepada lima orang siswa untuk mengetahui keterbacaan butir soal. Kemudian, untuk reliabilitas tes, instrumen tes kemampuan pemodelan matematis matematis diujikan kepada 33 siswa. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa instrumen tes kemampuan pemodelan matematis matematis dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya karena memiliki kualitas instrumen yang baik.

Kata Kunci: Kemampuan Pemodelan Matematis, Uji coba Instrumen.


Full Text: PDF