Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PROFIL LEVEL BERFIKIR TEORI VAN HIELE PADA SMP N 3 JEPARA
Lusi Oktaviani, Muhammad Prayito

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain didaktis pembelajaran matematika pada materi segiempat dan hasil peningkatan desain didaktis mencapai level berfikir pada materi segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa Penelitian Desain Dedaktis (Design Didactis Research). Penelitian dilakukan di SMP N 3 Jepara dengan teknik pengambilan sampel secara random atau acak yaitu didapat kelas VII-A sebagai kelas uji coba dan kelas VII-B sebagai kelas eksperiment. Data penelitian menggunakan uji instrumen, dokumentasi dan triangulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) kelas uji coba dan kelas eksperimen dalam presets berada pada tahap rendah. 2) setelah melakuakn pembelajaran kelas uji coba dan kelas eksperiment dalam posttest mengalami peningkatan. Peneliti mendapat kesulitan-kesulitan belajar yang dianggap sebagai Learning Obstacle awal pada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti membuat tabel HLT (Hypothetical Learning Trajectory), tabel tersebut berisikan tujuan dan HLT (Hypothetical Learning Trajectory) . Kolom tujuan berisikan tujuan yang harus dicapai siswa, sedangkan kolom HLT (Hypothetical Learning Trajectory) merupakan upaya dari peneliti agar siswa mampu mencapai tujuan dengan baik. Hasil penelitian menggunakan desain dedaktis pada pembelajaran matematika didasarkan pada proses berfikir siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dan hasi penelitian desain didaktis mencapai level berfikir dalam soal tes level berfikir teori Van Hiele pada materi segiempat (trapesium dan belah ketupat) pada kelas uji coba mengalami peningkatan 19,998% dan kelas eksperiment mengalami peningkatan 22,35%.Kata kunci: Level berfikir teori Van Hiele, hasil belajar, penelitian desain didaktis.

Full Text: PDF