Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA BERKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH LEVEL TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS INTEGRAL
Farida Nursyahidah, Irkham Ulil Albab

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral Riemann yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa kelas IIE tahun pelajaran 2016/2017 Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI UPGRIS yang sedang mengikuti mata kuliah Kalkulus Integral. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa profil berpikir kritis mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah level tinggi meliputi mampu merumuskan masalah dengan benar dan lengkap, mampu menentukan fakta yang ada pada permasalahan dengan lengkap dan benar, mampu menggunakan bukti yang benar, mampu menarik kesimpulan sesuai fakta, mampu bertindak dengan memberikan penjelasan lanjut, mampu memadukan kecenderungan dan kemampuan dalam membuat keputusan. Selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dosen atau guru matematika untuk menemukan strategi yang tepat demi meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, kalkulus integral

Full Text: PDF