Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRISEMARANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT
Dina Prasetyowati, Kartinah Kartinah, Muhammad Arief Budiman

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif Field Independent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada gaya kognitif dan kelancaran berkomunikasi mahasiswa baik secara lisan maupun tulisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara berbasis tugas pada Mata Kuliah Kalkulus yang diampu oleh peneliti. Analisis data dilakukan berdasarkan data tes tertulis dan data wawancara berbasis tugas. Selanjutnya dilakukan triangulasi untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid. Deskripsi berpikir reflektif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang yang mempunyai gaya kognitif Field Independent yang diperoleh dalam penelitian ini dijadikan rujukkan bagi dosen yang mengampu untuk menyusun strategi pembelajaran sehingga capaian pembelajaran yang diharapkan dapat diraih.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif Field Independent kemampuan berpikir reflektifnya tinggi. Hal ini terlihat pada hasil pekerjaan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral dimana untuk hampir semua soal, mahasiswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal dimana mahasiswa dikatakan cukup reflektif.Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Profil Berpikir Reflektif, Gaya Kognitif, Field Independent

Full Text: PDF