Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KELAS VIII
Dian Nitami, Sunandar Sunandar, Heni Purwati

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Number Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII, (2) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 2 Gubug Tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A, VIII B dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Number Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII, (2) Tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kelas VIII.Kata Kunci: Auditory Intellectualy Repetition, Numbered Heads Together, Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Full Text: PDF