Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII
Esty Noor Haliza, Sugiyanti Sugiyanti, Lilik Ariyanto

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan efektivitas Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sedangkan variabel dalam penelitian ini yaitu keaktifan sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui hasil tes kemudian diolah dengan uji ANAVA, uji Scheffe’ dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Ada perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh positif antara keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dan Problem Based Learning mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning mencapai efektif.pembelajaran dengan Problem Based Learning dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi segiempat karena efektif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.Kata kunci: Efektivitas, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.

Full Text: PDF