Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID PACKAGE
Indah De Rizky, lilik ariyanto, Sutrisno Sutrisno

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian dan peningkatan berpikir kritis matematis siswa kelas X dengan pembelajaran menggunakan Android Package. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan eksperimen serta populasi seluruh siswa kelas X. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal Pretest dan Posttest yang berkaitan dengan indikator berpikir kritis matematis, selain itu diperlukan validasi ahli media, ahli materi serta angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t pihak kanan. Dari data awal nilai Pretest untuk mengetahui apakah kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Untuk data akhir dengan menggunakan uji N-gain dan uji t pihak kanan. Dari data nilai Posttest kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa rata-rata berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan Android Package lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Setelah membandingkan rata-rata nilai N-Gain setiap kelas, hasil berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan Android Package ini terdapat capaian dan peningkatan berpikir kritis matematis. Hal Ini terjadi karena pada kelas eksperimen diterapakan pembelajaran menggunakan Android Package dimana siswa memiliki rasa tertarik pada proses pembelajaran sehingga meningkatkan berpikir kritis matematis siswa kelas X serta Media Android Package dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sebagai alternatif dalam memperkaya variasi pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah.Kata kunci : Android Package, Berpikir Kritis Matematis

Full Text: PDF