Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Eka Lutfiana Warandani, Nizaruddin Nizaruddin, Widya Kusumaningsih

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi melalui strategi pembelajaran REACT dalam pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (true experimental) dengan Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang. Dipilih dua kelas, satu kelas eksperimen yang dikenai strategi REACT ,dan satu kelas sebagai kelas kontrol dikenai strategi konvensional. Data penelitian dianalisis dengan Uji t pihak kanan, Uji Anava Satu Jalur, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian secara umum menunjukkan : (1)Peningkatan kemampuan representasi melalui strategi pembelajaran REACT dalam pemecahan masalah matematis siswa SMP lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional,ditunjukkan dengan uji t satu pihak kanan yang hasilnya thitung> t(0,95) atau 3,917 > 1,67.(2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi yang ditinjau dari subkelompok tinggi, sedang, dan rendah pada kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT,ditunjukkan dengan uji anava satu arah yang hasilnya Fhitung ≥ Ftabel yaitu 4,345787 ≥ 3,44. (3) Terdapat peningkatan kemampuan representasi pada siswa SMP sebelum dan setelah mendapat strategi REACT,hasil yang diperoleh untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 48,28, nilai rata-rata postest sebesar 78,52 dan didapatkan nilai gain sebesar 0,584 yang dikategorikan sedang. Adapun untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 39,12, nilai rata-rata postest sebesar 70,67 dan didapatkan nilai gain sebesar 0,518 yang dikategorikan sedang.Kata kunci : representasi matematis, REACT, pemecahan masalah.

Full Text: PDF