Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UMATH (UNO MATHEMATICS) BERBANTUAN CAMTASIA STUDIO DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEGI EMPAT DI SMP
Friska Oktaviana Anggita Dewi, Rasiman Rasiman, Yanuar Hery Murtianto

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berdampak pada semua lini kehidupan. Selain perkembangan yang pesat, perubahan juga terjadi dengan cepat sehingga perlu adanya pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan UMATH berbantuan Camtasia Studio dengan pendekatan saintifik pada materi segi empat. Pengembangan media UMATH dikatakan baik jika memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahapan analysis, design, development, implementation, evaluation. Analisis berupa kebutuhan siswa di SMPN 3 Mranggen yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dibutuhkan untuk membantu proses belajar mengajar. Tahap perancangan dihasilkan rancangan awal media. Tahap pengembangan diperoleh produk final berdasarkan saran dan hasil revisi produk. Implementasi dilakukan pada uji kelompok kecil dan uji coba terbatas. Pada tahap evaluasi hanya dibatasi sampai pada kegiatan tes evaluasi. Media permainan UMATH diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VII-G yang terdiri dari tiga puluh siswa. Dari total hasil validasi diperoleh presentase sebesar 85,65% (valid). Hasil respon siswa uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata presentase 94,04% serta respon siswa kelas VII-G sebesar 95,6%. Sehingga media permainan UMATH layak digunakan sebagai media pembelajaran. Aspek kepraktisan ditunjukkan dengan hasil penilaian angket respon siswa dengan rata-rata presentase 95,6% dan angket respon guru sebesar 92%. Aspek keefektifan ditunjukkan dengan 90% siswa mendapat skor ≥ 71 sehingga memenuhi kategori tuntas secara klasikal. Media yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.Kata Kunci: pengembangan, UMATH, Camtasia Studio, saintifik

Full Text: PDF