Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
UPAYA PENINGKATAN PENGUASAN KONSEP MATA KULIAH FISIKA DASAR II BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS BERSTANDAR INTERNASIONAL (SBI)
Choirul Huda

Last modified: 2014-11-05

Abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan penguasaan konsep mata kuliah fisika dasar berbasis lesson study dan mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis lesson study.

Penelitian dilakukan dengan tahapan-tahapan yang berlaku dalam pembelajaran berbasis lesson study. Pelaksanaannya berlangsung 3 siklus disesuaikan dengan alokasi waktu dan pokok bahasan yang dipilih. Tiap siklus terdiri dari plan, do dan see. Lokasi penelitian di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang, pelaksanaan Mei – Juni 2012. Subyek penelitian mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar II. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen meliputi: lembar observasi, tes. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas proses belajar mengajar dan kemajuan hasil belajar. Sedang peningkatan penguasaan konsep dilakukan dengan membandingkan pencapaian skor individu maupun kelompok dari hasil tes.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis lesson study dapat meningkatkan penguasaan konsep mata kuliah fisika dasar II. Hasilnya diekspresikan dalam tes dan mengalami peningkatan, dari rerata 66,04 siklus I, 70,20 siklus II, dan 76.04 siklus III. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran tersebut berdasarkan angket tertutup diperoleh hasil 4% ragu-ragu, 13 % mahasiswa kurang setuju dan 83 % setuju.. Angket terbuka sebagian mahasiswa menyambut positip, sedangkan yang lain menyatakan penyampaian materi terlalu cepat sehingga sulit mengikuti, ada pula yang kurang memahami materi karena mata kuliah ini menggunakan pengantar bilingual.

Kata kunci: Penguasan konsep, Lesson Study, SBI


Full Text: PDF