Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA YANG MEMPUNYAI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT PADA MATA KULIAH KALKULUS 2
Muhtarom Muhtarom, Kartinah Kartinah

Last modified: 2016-10-29

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif FD pada mata kuliah Kalkulus 2.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada gaya kognitif mahasiswa dan kelancaran berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan berdasarkan data tes tertulis dan data wawancara berbasis tugas. Selanjutnya dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid.

Profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Matematika yang mempunyai gaya kognitif FD dalam memecahkan masalah Kalkulus 2: dalam memahami masalah, mahasiswa jelas dalam menuliskan apa yang  ditanyakan, dapat dengan mudah dan benar menuliskan apa yang diketahui pada masalah, tidak dapat membuat kaitan antara hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, sudah cukup untuk memecahkan masalah, dalam merencanakan pemecahan masalah, mahasiswa tidak jelas dalam menyebutkan pengetahuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah dengan benar. Mahasiswa tidak dapat menjawab masalah dengan benar karena tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah dengan benar dan tidak dapat melakukan pengecekan kembali terhadap hasil pekerjaannya.

 

Kata kunci : Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Kalkulus 2.

 


Full Text: PDF