Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PGSD
Fine Reffiane, Ernawati Saptaningrun

Last modified: 2012-10-10

Abstract


Pembelajaran di Sekolah Dasar Dalam pelaksanaannya meliputi tiga kemampuan dasar. Antara lain kemampuan dalam Bidang Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Dalam penelitian ini dikembangkan melalui Model Audio Visual. Dimana calon guru Pgsd dibekali kemampuan untuk mengolah keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Pembelajaran Kooperatif Adalah tipe pembelajaran yang paling mudah dilakukan ke mahasiswa.

Kemampuan calon guru PGSD ini tentunya akan sangat berpengaruh pada proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Sekolah Dasar pada nantinya.Penelitian ini  menggunakan PTK dimana pada Siklus I diperoleh hasil kemampuan mendengarkan 30% dan kemampuan mengartikan gambar atau simbol 45%. Pada Siklus II diperoleh hasil kemampuan mendengarkan 60% dan kemampuan mengartikan gambar  atau simbol naik menjadi 65%

Dengan demikian pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa di Program Studi PGSD secara garis besar dapat tercapai, terutama dalam hal mendengarkan dan kemampuan mengartikan gambar  atau simbol.

 

Kata Kunci : Kooperatif,  Audio Visual