Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN ALGEBRATOR, CABRI 2D DAN GEOMETER’S SKETCHPAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DI PERGURUAN TINGGI
Achmad Buchori

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Belajar matematika SMP mencakup latihan berpikir logis, kerja yang sistematis, menghidupkan kreativitas. serta dapat mengembangkan kemampuan berinovasi. Model pembelajaran Audio visual dengan menggunakan software Algebrator, Cabri 2D dan Geometer’s sketchpad merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika.

Dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kreativitas mahasiswa dengan menggunakan media Algebrator, Cabri 2D dan Geometer’s sketchpad terhadap hasil belajar mahasiswa pokok bahasan menggambar dan menghitung sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.  (2) Perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan Algebrator, Cabri 2D dan Geometer’s sketchpad dan konvensional. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di IKIP PGRI SEMARANG Semarang, pengolahan data dengan uji analisis regresi untuk uji pengaruh dan uji banding ANAVA untuk membandingkan hasil belajar ke empat kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh masing-masing kreativitas mahasiswa dengan media Algebrator, Cabri 2D dan Geometer’s sketchpad terhadap masing-masing hasil belajar pada pokok bahasan menggambar dan menghitung sudut pusat dan sudut keliling lingkaran sebesar = 0.01, 0.00, 0.01 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa, ditunjukkan dari hasil uji analisis ANAVA diperoleh nilai signifikan = 0,000 < 0,05 . Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan memakai ketiga software tersebut sebagai media pembelajaran matematika lebih baik dibandingkan dengan memakai cara konvensional.

 

Kata kunci : Keefektivan, Software matematika, Matematika SMP

Full Text: Full Text