Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PPKN IKIP PGRI SEMARANG MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Sri Suneki, Suwarno Widodo

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan sebernarnya dilakukan dan dikembangkan di seluruh dunia, meskipun dengan berbagai macam istilah atau nama. Mata kuliah tersebut sering disebut sebagai civic education, citizenship education, dan bahkan ada yang menyebut sebagai democracy education. Mata kuliah ini memiliki peran yang strategis dalam mempersiapkan warga Negara yang cerdas, bertanggung jawab, dan berkeadaban (Kaelan, 2007 : 1). Pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan idealnya mahasiswa memiliki motivasi. Namun motivasi itu  kurang  maksimal.  Beberapa indikator tersebut terlihat dari sebagian  mahasiswa yang terlambat hadir mengikuti kuliah, kurang serius selama proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa  progdi PPKn IKIP PGRI Semarang melalui penerapan model Group Investigation dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan motivasi belajar antara sebelum menerapkan model Group Investigation dengan sesudah menerapkan.

 

Kata kunci   : Motivasi belajar, Group Investigation, Pendidikan Kewarganegaraan.