Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
Peningkatan Pengetahuan Pedagogik dan Kualitas Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi melalui Lesson Study
Muhamad Taufiq

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Makalah ini mengusulkan sebuah model untuk membangun pengetahuan pedagogik dan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis lesson study. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan kualitas mahasiswa khususnya, dosen juga harus meningkatkan kompetensinya. Salah satunya yaitu kompetensi pedagogik. Dengan kompetensi pedagogik, dosen akan mampu merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajarnya. Untuk lebih meningkatkan kualitasnya, sharing, pengawasan, dan evaluasi dari rekan seprofesi dan pakar/ahli sangat diperlukan, sehingga perlu diimplementasikan lesson study di Perguruan Tinggi.

Makalah ini menjelaskan bagaimana dosen di perguruan tinggi dapat melakukan lesson study di dalam kelas berdasarkan praktik pelaksanaan lesson study di program studi pendidikan fisika. Dalam kegiatan lesson study di program studi pendidikan fisika, dosen secara kolaboratif berupaya menterjemahkan tujuan dan standar pendidikan ke alam nyata di kelas. Mereka berupaya merancang pembelajaran sedemikian sehingga mahasiswa dapat dibantu untuk mengetahui kompetensi dasar yang diharapkan. Selain itu, mereka berupaya merancang suatu skenario pembelajaran yang memperhatikan kompetensi dasar dan pengembangan kebiasaan berpikir ilmiah, dimana mahasiswa diajak untuk mengendalikan variabel dan juga memperoleh pengetahuan tertentu yang terkait dengan materi yang dibelajarkan. Setelah itu rancangan pembelajaran dilaksanakan oleh dosen model, diamati, didiskusikan, direvisi, dan dibelajarkan lagi di kelas lainnya, sehingga kompetensi pedagogik dosen yang bersangkutan meningkat dan pada akhirnya kualitas pembelajaran meningkat pula sesuai yang diharapkan.


Kata Kunci: pengetahuan pedagogik, kualitas pembelajaran, lesson study