Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
OPTIMALISASI KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI MARGOREJO PATI
Wahyu Irmawati, Iin Purnamasari

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan tujuan SD Negeri Margorejo Pati yaitu penanaman nilai religius, toleransi, disiplin, cinta tanah air, cinta damai dan peduli sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pembentukan karakter siswa di SD Negeri Margorejo selama ini?” serta “Bagaimana kedisiplinan guru dioptimalkan untuk pembentukan karakter siswa SD Negeri Margorejo?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa di SD Negeri Margorejo selama ini serta mengetahui pengoptimalan kedisiplinan guru untuk pembentukan karakter siswa SD Negeri Margorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pembentukan karakter siswa di SD Negeri Margorejo termasuk dalam kategori sedang yang artinya siswa sudah mampu menanamkan nilai religius, toleransi, disiplin, cinta tanah air, cinta damai dan peduli sosial. Pengoptimalan kedisiplinan guru dilakukan sesuai dengan indikator kedisiplinan guru yang telah ditentukan. Kesimpulannya adalah nilai religius, toleransi, disiplin, cinta tanah air, cinta damai dan peduli sosial sudah terbentuk oleh siswa SD Negeri Margorejo Pati. Rata-rata guru SD Negeri Margorejo sudah memenuhi sebagian besar indikator yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci: Optimalisasi, Kedisiplinan Guru, dan Pembentukan Karakter Siswa.

 

ABSTRACT

This research is motivated by the low value of character education in accordance with the objectives, namely Margorejo Pati Elementary School planting religious values, tolerance, discipline, love of country, love of peace and social care. The problem in this research is "How the character formation of students in primary school Margorejo for this?" And "How to discipline teachers optimized for the formation of primary school students Margorejo character?". This study aims to determine the character formation of students in primary school Margorejo for this and to know teacher discipline optimization for character formation Margorejo Elementary School students. The results showed that the average character formation of students in primary school Margorejo included in the medium category, which means students are able to inculcate religious values, tolerance, discipline, love of country, love of peace and social care. Optimization is done in accordance with the discipline teacher teacher discipline indicators that have been determined. The conclusion was that religious values, tolerance, discipline, love of country, love of peace and social care has been formed by primary school students Margorejo Pati. Average primary school teacher Margorejo already meet most indicators that have been determined.

Keywords: Optimization, Discipline Teachers, and Students Character Building.


Full Text: 610-621