Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA
Fanny Dara Utami, Rasiman Rasiman

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa banyak mengalami hambatan. Ada dua faktor yang bisa mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pendekatan pembelajaran yang mencerminkan proses pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa serta mampu berfikir kreatif sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna, sehingga pembelajaran tidak membosannkan. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat melatih kemandirian siswa serta mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan energi dan perubahannya.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning; IPA; pemecahan masalah

 

ABSTRACT

In the implementation of learning in business schools to improve student learning outcomes many obstacles. There are two factors that can affect student learning outcomes, namely internal factors and external factors. Learning approach that reflects the learning process that can enable students and be able to think creatively in order to create meaningful learning, so that learning is not membosannkan. By using the model of Problem Based Learning can train students' independence and able to solve problems related to energy and its changes.

Keywords: Problem Based Learning; science education; problem solving


Full Text: 536-542