Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU CAMTASIA SEBAGAI IMPLEMENTASIENTREPRENEURSHIPCALON PENDIDIK SEKOLAH DASAR MENUJU PERSAINGAN MEA
Ratih Septiarini, Djoko Purnomo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Kompetensi guru di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memiliki kesempatan untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi melalui kompetensi pedagogisnya.. Salah satu cara guru untuk menumbuhkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan yaitu dengan mengembangkan media video pembelajaran berbantu camtasia.Permasalahannya saat ini adalah “Bagaimana cara mengembangkan media video pembelajaran berbantu camtasia untuk membangun skill entrepreneurship bagi calon guru?” Tujuannya adalah agar calon guru dapat mengetahui pengembangan pembuatan media video pembelajaran berbantu camtasia dalam membangun skill entrepreneurship. Berdasarkan hasil penelitian penulis menunjukkan hasil 5,68 dengan taraf signifikansi 5%, dibandingkan dengan  1,70.  maka  ditolak dan  diterima maka kesimpulan dari media video pembelajaran efektif untuk digunakan.Berdasarkan hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa media pembelajaran video pembelajaran berbantu camtasia efektif untuk digunakan, maka pengembangan ini dapat dikembangkan lagi sebagai media pembelajaran di bidang pendidikan.

Kata Kunci : Entrepreneurship, media pembelajaran camtasia, video

Abstract

Competence of teachers in the era of the Asean Economic Community (AEC) has the opportunity to develop economic growth through pedagogic competence. One way teachers to foster meaningful learning and fun by developing an assisted instructional video media camtasia. The problem now is "How do I develop a media-assisted learning videos Camtasia for building the spirit of entrepreneurship for future teachers?" The aim is that prospective teachers can determine the development of media making instructional videos camtasia assisted in building the entrepreneurial spirit.Based on the results of the study authors show results t_hitung 5.68 with a significance level of 5%, compared with 1.70 t_tabel. t_hitung> t_tabel then H_0 H_a rejected and accepted the conclusion of effective instructional video media to be used.Based on the results of the astudy authors suggest that learning video-assisted learning media camtasia effective to use, then this development can be developed further as a medium of learning in education

Keywords : Entrepreneurship, media education camtasia, video

Full Text: PDF