Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGOPTIMALISASI KURIKULUM 2013

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI LAMPER KIDUL 02 SEMARANG TAHUN 2012/2013
Reni Dwi Pusparani

Last modified: 2014-04-21

Abstract


Kurangnya minat siswa dalam menulis mengakibatkan siswa kurang mampu mengungkapkan ide ke dalam bentuk tulisan. Perlu adanya perubahan iklim yang dapat memberikan motivasi besar pada siswa untuk belajar menulis. Pemberian motivasi dapat dilakukan dengan penggunaan media visual. Media visual dapat menimbulkan daya tarik siswa, mempermudah pengertian, dan memperjelas bagian penting yang akan ditulisnya. Permasalahannya, apakah penggunaan media visual efektif terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Lamper Kidul 02 Semarang tahun 2012/2013?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk menganalisis keefektifan penggunaan media visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Lamper Kidul 02 Semarang tahun 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji t hitung> t tabel, yaitu 6,309>2,048 dan hasil ini menunjukkan signifikan.  Hasil kemampuan menulis karangan yang diperoleh yang mendapat perlakuan dengan media visual lebih baik dibandingkan dengan hasil kemampuan menulis karangan narasi siswa tanpa menggunakan media visual. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan rata-rata nilai pada kelompok eksperimen adalah 78,00 sedangkan rata-rata nilai pada kelompok kontrol adalah 65,33.

Kata kunci: keefektifan penggunaan media visual, media visual, keterampilan karangan narasi

 


Full Text: PDF