Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGOPTIMALISASI KURIKULUM 2013

Font Size: 
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Purnomo Purnomo

Last modified: 2014-04-21

Abstract


Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran, Sekolah Dasar.

 

Untuk mendukung keefektifan dan efisiensi pelaksanaan kurikulum SD pada tahun pelajaran 2013/2014, para guru harus memahami struktur dan substansi kurikulum 2013, serta menguasai perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pembelajaran sesuai kurikulum 2013 SD.

Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah : (a) bagaimanakah substansi kurikulum 2013 SD ?, (b) bagaimanakah implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran di SD ?, dan (c) apakah kunci keberhasilan implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar ?. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk Tujuan penulisan makalah ini antara lain adalah untuk : (a) mendeskripsikan tentang substansi kurikulum 2013 SD, (b) mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran di SD, (c) mendeskripsikan kunci keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Dalam upaya (a) meningkatkan pengetahuan guru / calon guru  tentang substansi dan struktur kurikulum 2013 SD,  (b) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru / calon guru SD dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, sesuai kurikulum 2013 SD, serta (c) meningkatkan pengetahuan guru / calon guru SD tentang kunci keberhasilan implementasi kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 secara substansi dikembangkan secara eklektif, untuk membentuk manusia yang intelek, berkompeten, dan berkarakter. Kurikulum 2013 disebut juga kurikulum berbasis kompetensi dan karakter. Perubahan dalam kurikulum 2013 meliputi : (a) standar kompetensi lulusan, (b) standar proses, (c) standar isi, dan (d) standar penilaian. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 SD menggunakan tematik integratif. Prinsip pembelajaran yang perlu dikembangkan sesuai kurikulum 2013 adalah pembelajaran SPICES.

Guru merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Ada 6 hal yang harus dilakukan guru SD agar sukses dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, antara lain (1) pemahaman tentang substansi dan struktur kurikulum 2013, (2) penguasaan pembelajaran tematik dan pembelajaran inovatif berindikator SPICES, (3) penguasaan pedagogi materi mata pelajaran, (4) kemampuan melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan karakter dan berpikir kreativitas,  (5) mengembangkan dan melaksanakan authentic assesmen, serta (6) mau menerima perubahan dan mengubah pola berpikir  tentang  konsep pembelajaran, penilaian, peserta didik,  belajar, sesuai kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 harus dibarengi dengan peningkatan kualitas guru, dalam kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.


Full Text: PDF