Last modified: 2014-04-21
Abstract
Guru dipandang sebagai gudang ilmu dan sumber belajar. Guru memiliki peran utama untuk membentuk karakter manusia pada umumnya dan karakter bangsa pada khususnya. Guru memiliki kompetensi metodologi pembelajaran yaitu guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran, tetapi diharuskan juga menguasai metode pembelajaran sesuai kebutuhan materi ajar yang mengacu pada prinsip pedagogik, yaitu memahami karakteristik peserta didik.
Prosedur pengajaran yang sesuai dengan komponen kurikulum, guru dituntut untuk melakukan kegiatan perumusan tujuan, organisasi materi, menetapkan metode dan alat dan merencanakan penilaian. Perencanaan ini kemudian diwujudkan guru dalam proses pembelajaran peserta didik atau siswa di kelas. Kemampuan Dasar akan diujikan pada siswa kelas 3 SD, maka pada tingkatan kelas ini perlu peningkatan kemampuan membaca pemahaman. Strategi pembelajaran pemahaman yang dapat digunakan adalah Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT).
Kata kunci : peran guru, membaca pemahaman, kompetensi guru