Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGOPTIMALISASI KURIKULUM 2013

Font Size: 
PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Diana Endah Handayani

Last modified: 2014-04-21

Abstract


Kualitas pendidikan sangatlah bergantung pada kesadaran, pengertian, komitmen, partisipasi dan dedikasi dari para pendidik terutama guru sebagai ujung tombak yang secara langsung menghadapi siswa. Tantangan guru saat ini dalam menghadapi kurikulum 2013 harus dapat menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengubah hasil belajar siswa, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan harga diri dengan menerapkan berbagai strategi dan model pembelajaran.

Adapun implementasi pembelajaran yang digunakan tak lepas menggunakan tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah problem based learning. Adanya model tersebut, siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir, mengembangkan pengetahuan, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan intelektual, belajar berbagi peran orang dewasa melibatkan siswa pada pengalaman nyata serta mengembangkan keterampilan belajar pengarahan diri yang efektif.

 

Kata kunci : Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar

Full Text: PDF