Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Pembelajaran Aksara Jawa di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Boyolali Sebagai Upaya Perlindungan dan Pembinaan Aksara Jawa
Fatia azzahrah, Budhi Setiawan, Supana Supana

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Pembelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang wajib dilaksanakan di daerah Jawa Tengah dan merupakan mata pelajaran yang unik dimana mata pelajaran tersebut memuat berbagai unsur kebudayaan dalam satu mata pelajaran. Selain itu mata pelajaran tersebut berfungsi sebagai sarana pelestarian, perlindungan, dan pembinaan baik bahasa, sastra dan aksara Jawa. Penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jawa khususnya untuk materi aksara Jawa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran aksara Jawa. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Ngemplak Kabupaten Boyolali. Data dari penelitian ini berupa data kualitatif yaitu informasi mengenai pembelajaran aksara Jawa, dokumen pelajaran aksara Jawa. Sumber data yang digunakan adalah dokumen dan informan. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, observasi dan wawancara dengan beberapa siswa dan guru untuk mendapatkan data tentang kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran aksara Jawa. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 hal pokok mengenai sulitnya materi aksara Jawa bagi siswa yaitu, 1) kesulitan mengaplikasikan dan memahami konsep aturan penulisan aksara nglegena, sandangan, pasangan, aksara murda, dan swara dalam suatu paragraf secara kompleks, dan 2) kesulitan menerjemahkan bunyi vokal bahasa Jawa yang diinterpretasikan dalam tulisan aksara Jawa.

Kata Kunci: pembelajaran bahasa Jawa, aksara Jawa


Full Text: PDF