Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Kemampuan Berbahasa Jawa Pada Siswa Kelas V di SDN Sambirejo III Nganjuk
Dyan Eka Pamungkas

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar meliputi pembelajaran sastra, bahasa, dan budaya Jawa. Tujuan pembelajaran bahasa jawa adalah agar siswa dapat terampil dalam kemampuan berbahasa Jawa di sekolah dan masyarakat. Makalah yang berjudul “Kemampuan Berbahasa Jawa pada siswa Kelas V di SDN Sambirejo III Nganjuk” bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Jawa siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa, serta meneliti faktor yang menghambat siswa ketika menghadapi mata pelajaran bahasa Jawa di SDN Sambirejo III Nganjuk. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggakan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Sambirejo III berjumlah 20 siswa. Sementara itu, untuk sumber data yang diambil dari (1) Pengamatan, (2) tempat, peristiwa, dan perilaku, dan (3) dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi serta kajian dokumen. Hasil penelitian ini adalah gambaran kemampuan siswa dalam berbahasa Jawa (menulis, membaca, menyimak, dan berbicara), dan faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar berbahasa Jawa. Salah satunya lingkungan sekolah, yaitu (1) faktor guru: metode mengajar yang digunakan guru masih kurang menarik, metode yang digunakan masih tradisional, proses dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, eksplorasi siswa untuk berpikir kritis dan mengeksplorasi dalam kemampuan berbahasa Jawa terbatasi., dan (2) faktor alat pelajaran (sarana dan prasarana) yaitu tidak digunakannya sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Bahasa Jawa, Kemampuan, Pengajaran

 

Abstract

Java language subjects in elementary school include learning literature, language, Javanese culture. The purpose of learning Java language is that students can be skilled in ability to speak java language in schools and communities. A paper entitled “Javanese Proficiency In Students In Grade Elementary School Sambirejo III Nganjuk” aims to measure the ability of students to speak Java language, and examine the factors that hamper students when facing Java language subject in elementary shool Sambirejo III Nganjuk. The method used in this research qualitative by using naturalistic approach. The subject of the study were the students of grade V at sambirejo elementary school amounted to 20 students. While for data sources taken from (1) observations, (2) places, events, and behavior, and (3) documents related to research problems. Techniques used to collect data include observations, as well as document review. The result of this study is a descriptions of the ability of students in Javanese (writing, reading, listening, and speaking), and factors that affect students in learning to speak Java. One of them is school environment, that is (1) teacher factor: teaching method used by teacher still less interesting, method used still traditional, process in learning activity still centered on teacher, exploration of students to think critically and explore in ability of language java is limited, and (2) factors of learning tools (facilities and insfrastructure) that is not the use of facilities and insfrastructure in teaching and leraning activities.

Keywords: Javanese, ability, teaching


Full Text: PDF