Last modified: 2014-01-10
Abstract
Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) adalah untuk memperbaiki, menerapkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan konsep MBS serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah dasar. Adapun tujuan khusus kegiatan ini adalah ; 1) mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan sekolah; 2) meningkatkan kompetensi dosen PS PGSD IKIP PGRI Semarang dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas yang menggunakan model MBS; 3) mengembangkan sikap profesional guru SD di Kota Semarang dan dosen PS PGSD IKIP PGRI Semarang; 4) memperbaiki dan/atau meningkatkan kinerja belajar dan kompetensi siswa SD di Kota Semarang dan mahasiswa PS PGSD IKIP PGRI Semarang; 5) memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas; 6) menyediakan sekolah yang baik dan benar untuk digunakan mahasiswa PS PGSD IKIP PGRI Semarang sebagai tempat melaksanakan PPL; 7) membantu pemerintah dalam mempercepat program peningkatan kualifikasi guru; 8) memberdayakan human resources yang tersedia (dosen PS PGSD IKIP PGRI Semarang) secara bersama dan bahu membahu dalam meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan.
Hasil Observasi ke sekolah diperoleh 1) 60 % dosen PS PGSD meningkat pemahaman mengenai pembelajaran PAKEM di SD; 2) diketahui kesenjangan pelaksanaan MBS di sekolah yang sudah melaksanakan MBS dengan kenyataan kurikulum yang ada di PS PGSD. Melalui kegiatan Lokakarya didapat hasil; (a). Kesesuain kurikulum PGSD berdasarkan MBS dan kebutuhan lapangan, (b). Memiliki perangkat pembelajaran berbasis MBS(khususnya PAKEM), (c). Pemahaman dosen PGSD tentang pembelajaran PAKEM di SD, (d). Peningkatan pelaksanaan pembelajaran PAKEM oleh dosen pada saat perkuliahan, (e). Diperolehnya MoU pelaksanaan PPL antara PGSD IKIP PGRI Semarang dengan SD di Kota Semarang yang melaksanakan MBS dengan baik, (f). Kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran PAKEM pada saat PPL.
Kata Kunci: Manajemen, Paikem, Peran Serta Masyarakat