Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL MBS

Font Size: 
IMPLEMENTASI MBS UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN CALON GURU DAN GURU SD DI KOTA SEMARANG
Joko Sulianto

Last modified: 2014-01-10

Abstract


Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) adalah untuk  memperbaiki,  menerapkan  dan meningkatkan kualitas  pembelajaran berdasarkan konsep MBS serta membantu memberdayakan  guru  dalam  memecahkan  masalah  pembelajaran  di  sekolah dasar. Adapun tujuan khusus kegiatan ini adalah ; 1) mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan sekolah; 2) meningkatkan  kompetensi  dosen  PS PGSD IKIP PGRI Semarang dalam  mengatasi  masalah  pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas yang menggunakan model MBS; 3) mengembangkan sikap profesional guru SD di Kota Semarang dan dosen PS PGSD IKIP PGRI Semarang; 4) memperbaiki  dan/atau meningkatkan  kinerja  belajar  dan  kompetensi  siswa SD di Kota Semarang dan mahasiswa PS PGSD IKIP PGRI Semarang; 5) memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas; 6) menyediakan  sekolah  yang  baik  dan  benar  untuk  digunakan  mahasiswa PS PGSD IKIP PGRI Semarang sebagai tempat melaksanakan PPL; 7) membantu pemerintah dalam mempercepat program peningkatan kualifikasi guru; 8) memberdayakan human  resources yang  tersedia  (dosen PS PGSD IKIP PGRI Semarang) secara bersama dan bahu membahu dalam meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan.

Hasil Observasi ke sekolah diperoleh 1) 60 % dosen PS PGSD meningkat pemahaman mengenai pembelajaran PAKEM di SD; 2) diketahui kesenjangan pelaksanaan MBS di sekolah yang sudah melaksanakan MBS dengan kenyataan kurikulum yang ada di PS PGSD. Melalui kegiatan Lokakarya didapat hasil; (a). Kesesuain kurikulum PGSD berdasarkan MBS dan kebutuhan lapangan, (b). Memiliki perangkat pembelajaran berbasis MBS(khususnya PAKEM), (c). Pemahaman dosen PGSD tentang pembelajaran PAKEM di SD, (d). Peningkatan pelaksanaan pembelajaran PAKEM oleh dosen pada saat perkuliahan, (e). Diperolehnya MoU pelaksanaan PPL antara PGSD IKIP PGRI Semarang dengan SD di Kota Semarang yang melaksanakan MBS dengan baik, (f). Kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran PAKEM pada saat PPL.

Kata Kunci: Manajemen, Paikem, Peran Serta Masyarakat


Full Text: PDF