Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL MBS

Font Size: 
PEMBELAJARAN ETNOSAINS UNTUK OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER
Henry Januar Saputra

Last modified: 2014-01-10

Abstract


Secara umum belajar diartikan sebagai proses perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan. Jadi perubahan perilaku adalah hasil dari belajar, artinya seseorang dikatakan telah belajar jika dia dapat melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Konsepsional kegiatan pembelajaran harus dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran seharusnya memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan agar lebih bermakna. Potensi lingkungan setempat khususnya budaya lokal, tidak dimanfaatkan guru secara optimal dalam proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung hanya mengutamakan pengembangan aspek intelektual dengan buku teks pegangan guru menjadi sumber belajar utama. Dengan adanya pembelajaran etnosains maka di harapkan siswa dan guru dapat mengkaitkan dengan lingkungan budaya setempat. Dalam mengimplementasikan pembelajaran, guru tidak hanya menyampaikan secara teori, namun juga dapat mentransferkan nilai-nilai apa yang diambil dari kegiatan pembelajaran melalui pendidikan karakter.

Kata Kunci: pembelajaran etnosains, pendidikan karakter


Full Text: PDF