Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL MBS

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN KEPRIBADIAN SISWA SD
Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2014-01-08

Abstract


Beberapa keadaan umum sekolah saat ini adalah (1) sekolah dan masyarakat kurang memikirkan dan kurang bertanggung jawab atas nasib sekolahnya sendiri; (2) mutu pendidikan kurang karena hanya terbatas pada menghapal materi dan sekolah kurang mengembangkan keterampilan dan kepribadian siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah, guru merasa kesulitan jika harus menyelenggarakan pembelajaran aktif di kelas karena alasan kurang waktu dan tidak ada ide dalam mempersiapkannya. Selain itu, siswa juga mengaku kurang tertantang ketika belajar dan cenderung bosan karena hanya menghapal materi lalu mengerjakan soal. Berdasarkan observasi dan praktik selama di sekolah didapatkan simpulan bahwa pembelajaran aktif dapat merangsang antusias siswa untuk belajar, disiplin, dan menghargai temannya. Hal ini terbukti dalam permainan ular tangga yang diterapkan. Untuk menjadi pemenang siswa harus belajar dengan baik supaya dapat menjawab semua pertanyaan. Permainan tersebut juga mengajarkan menghargai teman ketika menunggu giliran bermain dan memberi kesempatan kepada teman untuk bermain. Aturan yang telah disepakati bersama mengajarkan kepada siswa untuk disiplin.

 

kata kunci :  permainan edukatif, kemampuan berpikir, kepribadian


Full Text: PDF