Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
ANALISIS WACANA BUKU PELAJARAN IPA SMP DAN BUKU PELAJARAN BIOLOGI SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
Ade Derajat

Last modified: 2016-01-22

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang paling banyak digunakan adalah berupa  buku pelajaran yang saat ini telah difasilitasi oleh pemerintah dengan keberadaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang disediakan secara gratis dalam versi cetak ataupun versi soft copy. Untuk mata pelajaran Biologi, wacana dalam buku pelajaran biasanya dilengkapi dengan gambar. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran kesesuaian struktur global Standar Isi (SK dan KD) tentang sistem pencernaan untuk SMP dan SMA  dengan struktur  global dari wacana tentang sistem pencernaan yang terdapat pada buku pelajaran IPA SMP dan buku pelajaran Biologi SMA. Metode yang diguakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan subyek  masing-masing satu Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPA SMP/MTs dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi untuk SMA/MA, yang banyak dipakai di SMP dan SMA di kabupaten Serang. Wacana Sistem Pencernaan sebagai wacana ilmiah dianalisis menggunakan aturan makro. Gambar pada wacana ilmiah merupakan bagian yang penting karena gambar berperan dalam membangun pengetahuan. Oleh katena itu gambar perlu dianalisis dengan beberapa kriteria  yaitu bentuk, sifat, fungsi, dan letak prposisi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wacana Sistem Pencernaan untuk SMP  sudah sesuai dengan Standar Isi SMP namun ada sebagian kecil materi yang terlalu luas. Wacana Sistem Pencernaan untuk SMA juga sesuai dengan Standar Isi SMA namun pada beberapa bagian dimensi progresi terlalu dangkal dan dimensi elaborasi terlalu sempit. Hal ini harus diatasi oleh guru dengan mendampingi buku pelajaran untuk siswa dengan buku pegangan guru untuk pengayaan materi.

 

Kata kunci : analisis wacana, analisis gambar, sistem pencernaan


Full Text: PDF