Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
ANALISIS KESALAHAN DAN KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X.IIS DI SMA N 1 REMBANG
F. Agninditya, Sunandar Sunandar, H. Purwati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan kesulitan siswa kelas X.IIS di SMA N 1 Rembang pada pokok bahasan trigonometri. Hal ini dimaksudkan agar guru lebih memahami kesalahan dan kesulitan siswa sehingga guru dapat membantu siswa dan mengatasi kesulitan siswa. Tes yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 7 soal.Subjek penelitian dipilih dua siswa dari setiap kelompok siswa dengan kemampuan awal tinggi, menengah, dan rendah dengan teknik proportional random sampling. Selanjutnya untuk subjek dengan kemampuan awal tinggi disebut S1 dan S2, subjek dengan kemampuan awal menengah disebut S3 dan S4, serta subjek dengan kemampuan awal rendah disebut S5 dan S6. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari dokumentasi hasil ulangan harian trigonometri. Sedangkan data tentang kesalahan dan kesulitan siswa diperoleh dari hasil tes, wawancara, dan hasil angket.Dari hasil analisis data ditunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal uraian trigonometri, siswa dengan kemampuan awal tinggi mengalami kesalahan fakta, keterampilan, dan konsep dengan rata-rata tingkat kesalahannya sebesar 12,5% yang termasuk dalam kriteria sangat rendah.Siswa dengan kemampuan awal menengah mengalami kesalahan konsep dan kesalahan keterampilan dalam menghitung dengan teliti dan membaca dengan besar persentase kesalahan 22,08% yang termasuk kriteria rendah. Siswa dengan kemampuan awal rendah mengalami kesalahan konsep, kesalahan keterampilan, dan kesalahan prinsip dengan besar persentase kesalahan siswa berkemampuan rendah adalah 54,66% yang termasuk kriteria cukup.Kesimpulannya ialah setiap kelompok mengalami kesalahan dan kesulitan yang berbeda sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Kata kunci : analisis, kesalahan, kesulitan

Full Text: 795-798