Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Bahan Ajar Anatomi Tumbuhan Untuk Menunjang Literasi Kuantitatif Mahasiswa Biologi
Ryan Ardiansyah, Rifki Survani, Eni Nuraeni, Bambang Supriatno, Adi Rahmat

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Biologi pada abad ke 21 diharapkan dapat berkembang ke arah sains kuantitatif. Akan tetapi, anatomi tumbuhan sebagai mata kuliah dasar pada program studi Biologi materinya masih belum menunjang pengembangan literasi kuantitatif mahasiswa. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan literasi kuantitatif tersebut telah dilakukan penelitian terhadap bahan ajar anatomi tumbuhan dengan meningkatkan konten kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar anatomi tumbuhan yang dapat menunjang literasi kuantitatif mahasiswa biologi. Kontenkuantitatif yang dimasukan mengacu pada indikator literasi kuantitatif. Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan (Research and Development) dengan objek penelitiannya adalah bahan ajar berupa buku petunjuk praktikum yang berisi teori dan LKM yang terintegrasi. Materi yang dipilih adalah jaringan parenkim dan organ batang. Uji coba bahan ajar dilakukan pada 30 mahasiswa S1 yang sedang mengontrak mata kuliah anatomi tumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan nilai literasi kuantitatif dengan N-gain sebesar 0,6 (kategori sedang). Nilai literasi kuantitatif anatomi tumbuhan ini berkontribusi sebesar 24,21% terhadap pengembangan literasi kuantitatif secara umum. Karakter bahan ajar secara lengkap dipaparkan di dalam artikel

Kata kunci: bahan ajar anatomi tumbuhan, literasi kuantitatif


Full Text: 411-416