Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
KEMAMPUAN ANALISIS INFORMASI VERSUS USAHA MENTAL MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN UNTUK MENUNJANG LITERASI KUANTITATIF
Rifki Survani, Ryan Ardiansyah, Nuni Rismayanti Nurqalbi, Eni Nuraeni, Ana Ratna Wulan, Adi Rahmat

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Literasi kuantitatif merupakan kemampuan nalar seseorang dalam mengendalikan situasi atau menyelesaikan masalah dengan melibatkan berbagai informasi kuantitatif. Anatomi Tumbuhan merupakan salah satu mata kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi satu mata kuliah yang dapat menunjang pengembangan literasi kuantitatif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis informasi kuantitatif dalam anatomi tumbuhan dan menentukan hubungannya dengan usaha mental mahasiswa dalam memahami materi (kuantitatif) anatomi tumbuhan. Penelitian dilakukan selama satu semester perkuliahan. Kemampuan analisis informasi diukur dengan menggunakan instrumen yang berisi pertanyaanpertanyaan terkait dengan apa dan bagaimana informasi yang diterima dalam perkuliahan, sedangkan usaha mental diukur dengan menggunakan angket subjective rating scale berbasis skala Likert, berisi pernyataan-pernyataan tentang upaya mahasiswa dalam memahami informasi (kuantitaif) yang diterima dalam perkuliahan. Data kemampuan analisis informasi dan usaha mental yang diperoleh direpresentasikan dalam bentuk grafik untuk diinterpretasikan. Hubungan antara kedua data dianalisi melalui uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan analisis informasi mahasiswa sebesar 75,5 dan nilai rata-rata usaha mentalnya sebesar 2,4. Dari hasil uji statistik diketahui korelasi antara kemampuan analisi informasi dengan usaha mental berbanding terbalik (-0,24; α > 0,05). Nilai korelasi yang negatif menunjukkan kemampuan analisis informasi mahasiswa dapat membantu mengurangi usaha mental dalam perkuliahan anatomi tumbuhan untuk menunjang literasi kuantitatif.

Kata kunci : Literasi kuantittatif, Analisis informasi, Usaha mental


Full Text: 361-366