Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 MRANGGEN DEMAK
Cahya Ita Susanti, Nur Khoiri, Siti Patonah

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA, telah menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dicari solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kartu arisan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 3 Mranggen Demak tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan Getaran. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan perhitungan uji t satu pihak kanan hasil analisis diperoleh hitung t (2,8602) dan tabel t (1,6820) sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan a H diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas. Analisis uji gain diperoleh kelas eksperimen adalah 0,80 (tinggi) sedangkan kelas kontrol adalah 0,67 (cukup). Hal tersebut menunjukkan adanya keunggulan model pembelajaran kartu arisan yaitu mendorong siswa bekerja kelompok (diskusi) dan dapat memicu keaktifan, keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan. Berdasarkan uraian di atas, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kartu arisan lebih efektif dari pada menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Efektivitas, model pembelajaran kartu arisan, Hasil belajar siswa.


Full Text: 273-278