Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER ALAM SEMESTA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP WALISONGO 1 SEMARANG
Andike Marthaningtiyas, Harto Nuroso, Joko Saefan

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film dokumenter alam semesta pada pembelajaran IPA materi tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas IX. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Walisongo 1 Semarang semester dua tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX D sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Pengukuran hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dari analisis data akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,11 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya sebesar 73,7. Pengujian hipotesis Ha menggunakan uji t-satu pihak, didapatkan hasil penelitian thitung = 3,393 sedangkan ttabel = 1,67 Sehingga diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,393>1,67. Berdasarkan hasil analisis uji gain diperoleh 0,45 untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dan 0,28 untuk kelas kotrol termasuk dalam kategori rendah. Melalui media film dokumenter alam semesta ini materi tata surya dapat divisualisasikan sehingga memudahkan pemahaman siswa serta dapat diulang kembali ketika siswa memerlukan pendalaman terhadap materi tertentu dengan lebih mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dokumenter alam semesta pada pembelajaran IPA materi tata surya lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media.

Full Text: 261-266