Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
INTERRUPTED CASE STUDY BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI VARIASI SAJIAN MASALAH DALAM IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Suciati Sudarisman

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Model problem based learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang disarankan penggunaannya dalam Kurikulum 2013. Melalui model PBL memungkinkan siswa berpikir menemukan solusi pemecahan masalah berbasis potensi lokal melalui serangkaian keterampilan proses sains. Oleh karenanya, implementasi model PBL dengan segala variasinya sangat relevan diterapkan khususnya dalam pembelajaran biologi. Interrupted case study adalah salah satu bentuk variasi sajian masalah yang bercirikan adanya suatu kasus yang belum terselesaikan sepenuhnya, sehingga menuntun ditemukannya solusi pemecahan masalah yang berkaitan dengan potensi lokal. Mengintegrasikan interrupted case study dalam model PBL, dimaksudkan untuk mendorong pengembangan seluruh potensi peserta didik (kognitif, psikomotor, afektif) secara optimal. Penelitian eksperimen tentang integrasi interrupted case study dalam model PBL, telah terbukti menunjukkan rata-rata KPS kelompok eksperimen (3,10) lebih baik daripada kelompok kontrol (2,54). Integrasi interrupted case study dalam model PBL dapat dijadikan alternatif pilihan dalam pembelajaran biologi.

Kata kunci : interrupted case study, potensi lokal, PBL


Full Text: 199-204