Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Pengenalan Gedung Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus SMP Negeri 1 Makassar)
Alfin Remon Refra

Last modified: 2016-11-04

Abstract


Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Makassar merupakan salah satu sekolah terbaik yang berada di provinsi Sulawesi Selatan. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Makassar ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun pelajaran. Saat ini informasi tentang profil sekolah bisa dikatakan kurang begitu baik meskipun cara mempublikasikan ke masyarakat hanya dengan menggunakan media brosur Sehingga informasi yang di sampaikan masih sangat terbatas. Penelitian ini bgertujuan untuk memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mengembangkan aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai profil sekolah dan menampilkan gedung sekolah SMPN 1 Makassar berserta fasilitas-fasilitas yang dimiliki secara virtual dengan menggunakan perangkat smartphone. Metode Penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Pengenalan Gedung sekolah ini yaitu Melakukan Pengumpulan data, Analisis Sistem, Design Sistem, Pengkodean, dan Pengujia. Pembuatan diawali dengan pengambilan gambar pada gedung sekolah SMPN 1 Makassar kemudian di design menggunakan software 3D max studio dan Blender. Perancangan Aplikasi AR menggunakan software Unity dan Library Vuforia selanjutnya merancang sebuah marker yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan object 3D. Hasil Akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi ARSMP1MKS yang sudah berjalan pada perangkat smartphone android dan sudah didesign sesederhana mungkin sehingga memungkinkan para siswa atau siswi juga bisa menjankan aplikasi tersebut.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Vuforia, Android, Pengenalan Gedung


Full Text: PDF