Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengaruh Metode Quantum Learning dengan Teknik Mind Map terhadap Pembelajaran Fisika Tentang Matahari
Ruth Arientia Dewi

Last modified: 2016-11-04

Abstract


Pelajaran fisika yang berupa konsep hafalan, salah satunya materi matahari sangat sulit dicerna siswa karena guru-guru Indonesia biasa mengajarkannya dengan metode ceramah yang menyebabkan siswa bosan, mengantuk, dan mudah melupakan materi. Agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, diperlukan media pembelajaran yang membuat guru tidak sekedar berbicara didepan/berceramah. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh quantum learning teknik mind map untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi matahari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 3 (maha)siswa fisika tingkat akhir UKSW yang gaya belajar audio-visual sebagai responden. Sebelum KBM, pre-test diberikan pada responden dan ternyata ketiga responden hanya berhasil membuat 20% mind map yang benar. Selanjutnya RPP quantum learning dengan teknik mind map diimplementasikan sembari lembar observasi diisi oleh observer lain. Setelah KBM, post-test diberikan pada responden dan diakhiri dengan pengisian lembar kuisioner. Ternyata ketiga responden berhasil membuat minimal 75% mind map dengan benar. Metode quantum learning dapat dipakai dalam pembelajaran, karena mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar, mempermudah memahami materi matahari karena dikemas dengan menarik menggunakan media pembelajaran berupa gambar, video, dan komik. Selain itu, mind map mempermudah siswa untuk menuangkan gagasan yang ada di kepala mahasiswa secara lebih sistematis dan membuat siswa merasa senang belajar menggunakan metode quantum learning dengan teknik mind map. Jadi, penelitian ini dinyatakan berhasil bagi ketiga responden tersebut.

 

Kata Kunci: Quantum learning, gaya belajar, audio visual, mind map, matahari


Full Text: PDF