Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengembangan Video Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantuan Cabri 3d pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII
Lia Rizki

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang kelas VIII, sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana dalam tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, evaluation. Sebelum diujicobakan video pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli media, materi dan angket tanggapan siswa berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 83,93% , untuk ahli materi 93% dan angket siswa 95,7%. Jadi dengan media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan analisis akhir dengan menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh rata-rata kelas eksperimen dan rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan analisis akhir dengan menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh nilai hitung tabel t hitung > t tabel yaitu 2,824> 1,671, maka Ho ditolak, artinya rata-rata nilai dari kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata nilai kelas kontrol. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan video pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang kelas VIII valid (layak) dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci : Video Pembelajaran, Cabri 3D, Pendekatan RME


Full Text: PDF