Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengembangan E-Modul Berbasis Think Pair Share (TPS) Berbantuan Flipbook Maker pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII
Fajar Istiqomah

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-modul berbasis Think Pair Share (TPS) berbantuan Flipbook Maker sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid dan kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Toroh tahun ajaran 2015/2016. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Sebelum diujicobakan di lapangan,E-modul terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga tanggapan siswa mengenai media tersebut. Berdasarkan hasil validasi E-modul ini valid untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan uji keefektifan media ini menggunakan uji t satu pihak kanan menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung>ttabel maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan E-modul berbasis Think Pair Share (TPS) berbantuan Flipbook Maker lebih baik dari pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar.

 

Kata kunci : E-modul, Flipbook Maker, Think Pair Share (TPS), Pemecahan Masalah


Full Text: PDF