Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Maker Pada Model Pembelajaran Jigsaw Materi Segitiga SMP Kelas VII
Ida Sofiatun

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Minimnya pengggunaan media dalam proses pembelajaran matematika mengakibatkan siswa pasif, siswa kurang berinteraktif dan model pembelajaran yang digunakan masih mononton, sehingga menjadikan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berupa e-modul berbantuan flipbook maker pada model pembelajaran jigsaw pada pokok bahasan segitiga SMP, sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan e-modul tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam menggunakan e-modul berbantuan flipbook maker pada model pembelajaran jigsaw pada pokok bahasan segitiga lebih efektif ataukah tidak dibanding dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana dalam tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, evaluation. Sebelum diujicobakan e-modul terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dinyatakan layak dan valid, produk dieksperimenkan di sekolah untuk melihat keefektifannya. Sampel eksperimen yaitu siswa kelas VII-B dan VII-D sebagai kelompok kelas kontrol. Metode analisis data menggunakan uji statistic t-test satu sample pihak kanan dengan analisis mengunakan uji t ini diperoleh H0 ditolak karena thitung > ttabel, artinya hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul berbantuan flipbook maker lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sehingga penggunaan e-modul matematika valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi segitiga.

 

Kata kunci : E-modul, flipbook maker, jigsaw, hasil belajar


Full Text: PDF