Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengembangan CD Pembelajaran Berbasis Problem Solving Berbantuan Prezi pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII
Kurnia Indah Rahmana

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Matematika merupakan pengetahuan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, dan memiliki peran penting dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan. Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika memerlukan beberapa upaya. Salah satu upaya yang diperlukan yaitu dengan memperbarui metode dan strategi pembelajaran yang lebih baik lagi. Masih banyak pendidik yang menggunakan metode konvensional dan media yang tidak mendukung pembelajaran. Maka dari itu diperlukan pembelajaran yang inovatif dengan adanya pembelajaran yang inovatif maka dapat membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Strategi pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa CD pembelajaran berbasis problem solving berbantu prezi pada pokok bahasan segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan hasil validasi media dan validasi materi pembelajaran ini layak (valid) dengan kategori “sangat baik” digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil perhitungan setelah dilakukannya penelitian dengan menggunakan CD pembelajaran berbasis problem solving berbantuan prezi lebih efektif. Maka penggunaan CD pembelajaran berbasis problem solving berbantuan prezi lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ini dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

 

Kata kunci : CD Pembelajaran, prezi, problem solving, kemampuan pemecahan Masalah.


Full Text: PDF