Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas Kelas VIII
Ika Ariwanti Fathonah

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII, sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembanganADDIE dimana dalam tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analisys, design,development, implementation,evaluation.Sebelum diujicobakan LKS terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media, materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 92%, untuk ahli materi 88% . Jadi denganmedia tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah klasikal kelas eksperimen sudah memenuhi nilai minimal ketuntasan kemampuan pemecahan masalah sedangkan untuk kelas kontrol kemampuan pemecahan masalahnya belum tuntas. Pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem based learning mempunyai pengaruh antara keaktifan dengan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari hasil perhitungan regresi linier sederhana. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem based learning berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis problem based learning valid (layak) dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci : LKS, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text: PDF