Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Efektifitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP
Endang Setyowati

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa diterapkan di Sekolah dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas VII F dan VIIGSMP Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk Kuasi Eksperimen dengan menggunakan Desain Kelompok Kontrol Tak-Setara. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitiannya adalah soal tes tertulis, penskoran tes tertulis dan angket. Menurut hasil penelitian, menggunakan uji T satu pihak diperoleh bahwa kemampuan berpikir logis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 84,26 dan 78,01.Secara klasikal kelas eksperimen dan kontrol termasuk tuntas dengan presentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol mencapai 93,8% dan respon siswa terhadap pembelajaran positif. Peningkatan kemampuan berpikir logis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Peningkatan kemampuan berpikir logis siswa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran RME mencapai 0,70 yaitu pada kriteria peningkatan tinggi, sedangkan kelas kontrol mencapai 0,60 yaitu pada kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan peningkatan kemampuan berpikir logis tiap indikator, terdapat selisih peningkatan tertinggi pada indikator ke-2 yaitu memberikan alasan terhadap penyelesaian permasalahan dengan selisih 0,21.

 

Kata kunci: efektivitas, kemampuan berpikir logis, RME


Full Text: PDF