Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Peran Gesture dalam Pembelajaran Matematika
Mu’jizatin Fadiana

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Gesture seringkali menunjukkan bahwa tubuh terlibat dalam berpikir dan berbicara tentang ide-ide yang diungkapkan melalui gerakan-gerakan. Dalam artikel ini, akan dibahas peran gesture dalam pembelajaran matematika. Beberapa hasil penelitian tentang gesture guru dan siswa menunjukkan bahwa berpikir matematik dapat terlihat melalui gerakan tubuh mereka. Kognisi matematika dapat diwujudkan dalam dua indera utama: yaitu didasarkan pada persepsi dan tindakan, dan didasarkan pada lingkungan fisik. Artikel ini akan menunjukkan beberapa hasil penelitian pada guru dan siswa ketika mereka menjelaskan konsep matematika, maka ada gerakan tubuh yang mengikutinya. Adapun jenis dan peran gesture antara lain sebagai berikut: (a) gesture menunjuk (diectic) mencerminkan landasan kognisi dalam lingkungan fisik, (b) gesture ikonik menyatakan simulasi mental dari tindakan dan persepsi, dan (c) gesture metaforis mencerminkan metafora konsep berbasis tubuh.

 

Kata kunci: gesture, pembelajaran matematika


Full Text: PDF